November 11, 2005

Fenomena Wanita-wanita Garang


(theme songs: GlassCandy-Love love love)

Seberapa seksinya seorang anggota cewek dalam sebuah band rock yang mayoritas cowok semua?
Seberapa seksinya sekelompok cewek yang bikin band rock?
Seberapa seksinya seorang gitaris ato bassis cewek?
Ayo para cowok2 rocker diluar sana, sapa yang kagak kenal Karen O? Debbie Harry? Siouxsie? Peaches? Bikini Kill? Belinda Butcher of My Bloody Valentine? Shera ex.Inspirasional Joni?
Aren't they SEXY??

Hehe...jujur, gue demen banget format band kayak begitu.
A rock band with wacky female singer.

Gue ga begitu tau kegemaran gue itu mulai kapan, tapi gue dari dulu suka banget ngeliat Karen O bergila dengan Yeahyeahyeahs. Lagu "Tick" ato "Date With The Night" adalah lagu aerobik gue tiap pagi. I love to draw her in my sketchbook, with her wasp tatoo on her shoulder. Karen Orzalek!!! I LOVE YOU!!
Trus gue juga dengerin Bikini Kill, lalu ke Le Tigre. Sekumpulan cewek2 aneh dari feminis sampe lesbian bikin musik yang aneh juga, they called it lo-fi. Hahah...hard to resist! Gue bilang ini sih psycho disco! Dan dulu gue ga nyangka kalo si JD itu ternyata...cewek. Hahah, kalo gue jadi lesbi mungkin bakal jadi kayak dia. Ganteng dan digilai wanita, eh taunya sama2 wanita.

Lalu ada Glasscandy, meskipun mereka masih indie di luar sono juga, tapi mereka SANGAT bagus. Ida No (kedengeran sama ya kayak Karen O) has sexier voice than Karen's. Terimakasih kepada Indie yang mengenalkan mereka ^_^


Masih inget Siouxsie And The Banshees?
Gileyy...new wave galau...Trus sapa yang bisa lupa sama setelan kulit si Siouxsie pas sepanggung ma Sex Pistols dkk (kalo ga salah), yang bolong di bagian payudara?? Jadi kayak kostum hardcore sex worker gitu?? Hahaha...hard to resist again!!!


Peaches?? Meskipun dia mukanya jelek, dan badannya ga bagus2 amat, trus foto2 livenya kebanyakan ngeshoot bagian ketiak sama selangkangan dan semuanya berbulu (gyahaha...huwek), BUT SHE'S ROCKS!!Pas jaman dulu sih di situsnya, ada bagian "Crotch Gallery". Can you imagine that?? Untungnya udah kagak ada, hehe...gue sih kagak napsu ngeliatnya, gatau yang laen, cobain aja (fufufu).

Masih banyak lagi segerombolan cewek garang lainnya.
Sebut aja Kitty, kemana mereka sekarang ya...trus ada beberapa dari Amrik, gue lupa lagi namanya, tapi vokalisnya itu pernah ngelempar tampon ke arah crowd, inget ya...tampon yang abis dipake dia. What the?
Great Kat juga kacau, situsnya penuh gambar2 brutal yang kebanyakan dia berlumuran darah gitu. Musiknya juga kacau. Kayak Vivaldi, Beethoven ketemu Dying Fetus gitu yaaa...ga tau guee ^_^
Oh iya, gue pernah juga ngeliat di scene underground lokal gitu, namanya Dead Maya, vokalisnya cantik banget, setelannya victorian goth gitu, suaranya booo...najong banget dah, cantik2 suaranya HELL YEAH. Hahah, mbak...that’s an attitude!Ada yang punya info lagi tentang band ini?
Inget ya sodara-sodara, yang gue sebutin ini baru BEBERAPA yang gue tau aja. Ada yang lebih tau? Bertukar infokah nanti? Lalu CD? Mp3? (mulaii...mulaii...)

By the way,
Ngapain gue ngebahas seberapa seksinya personel cewek dalam sebuah band rock?
Gini...ada yang mikir gak kalo para vokalis cewek (esp.band2 rock) itu beroutfit sexy dan bertingkah outrageous supaya ditonton?
Soalnya kalo mereka ga outrageous, kagak ada yang bakal dengerin ato nonton mereka.
Coba pikirin, berapa band dari band-band cewek2 garang ato bervokalis cewek liar yang aliran musiknya sama sekali baru?
Hm? Ada gak?
Paling rock n roll, fast punk, lo-fi, new wave, melodic punk, hardcore yang sebenernya musik biasa yang kalo dinyanyiin sama cowok kedengeran kayak ordinary rock music, tapi karena dinyanyiin sama cewek maka jadi extraordinary.
Coba bayangin.
Tau lagu "Berdansa Sampai Mati"-nya Inspirasional Joni? Bayangin kalo lagu itu dinanyiin sama cowok. Inspirasional Joni musiknya ga spesial2 amat kan? A piece of techno garage rock n roll, kedengeran niru The Rapture, tapi dengan vokalis cewek. Karena ada si Shera (tapi sekarang udah cabut ya?) dengan suara sexy, aksi panggung yang edan, ini semua bikin band ini jadi istimewa. Image, packaging.

Ada lagi, a girl with guitar.
Ayo para cowok...yang bilang kalo cewek megang gitar itu seksi acungkan tangaannnnn!!!! Bahkan gue yang bukan cowok aja bakal ngacung. Terimakasih kepada kursus musik dan para cowok baik hati yang mau mengajari para wanita2 garang memainkan gitar. Jadi inget pas gue ngeliat pamflet kalo band lokal, Jack n 4 Men mau manggung. Ditambah embel2 : "With a female guitarist" ditulis gede2. Padahal Jack n 4 Men alirannya garage pasaran gitu, tapi orang2 nonton karena ada gitaris cewek. Dan si cewek ini setelannya juga biasa aja, tapi gatau napa, karena dia bisa maen gitar, dia keliatan gimanaaaa gitu. Agree with me?

Ato contohnya gue, gue ga bakal dengerin Siouxsie atau Bikini Kill kalo ga ngeliat dandanan mereka dulu dan tau all that phylosophical stuffs dibalik mereka.
Dulu sih gue boro2 dengerin new wave galau atau punk2 riotic gitu. Tapi setelah ngebaca sejarahnya, tukeran info sesama penggemar, baru gue bilang bahwa mereka itu KEREN. Musik mereka aneh, tapi mereka keren. Disinilah gue tau, bahwa musik itu ga hanya sekedar mendengar, tapi juga ada "packaging" dan filosofi serta pemahaman dibalik semua itu. Tergantung lebih duluan mana yang kamu dapet.

Bukannya gue bermaksud seksis, beda2in cowok ato cewek, tapi coba aja bayangin kalo kamu ada di sebuah music gig. Indie scene lah, kan gaul.

A: "Eh...band udah ini apaan sih? Cabut yuk, ngantuk nih."
B: "Band (misalnya) X."
A: "Oh...band rock n roll yang ada vokalisnya cewek itu kan?? Keren tuh!! Binal!! Pulangnya ntar aja yuk!!"


Padahal di gigs itu ada belasan band yang bawain rock n roll, dan cuman satu itu yang ada ceweknya, tapi entah kenapa itu terasa istimewa.
Gue khususin ya, buat vokalis cewek dengan band beraliran keras. Soalnya band indiepop udah banyak banget yang bervokalis cewek. Dan kalo misalnya di ilustrasi tersebut bandnya indiepop, belon tentu si A ngebatalin cabut.

Ini juga terasa istimewa soalnya masih jarang , meskipun akhir2 ini demam vokalis cewek yang liar mulai terjadi. Coba liat aja si Ashlee Simpson, musiknya dari dulu biasa aja kata gue sih, pop rock trashy gitu, tapi entah kenapa sekarang2 dia ganti penampilan jadi lebih ngepunk dari kmaren dan mulai berajojing liar. Okay, nice try. Tapi ngga orisinal.
Image seorang vokalis cewek dalam band rock juga melekat begitu kuat. Harus sexy, liar, ngerokok, dan mabok. Kalo kata gue, ini yang namanya "packaging" ato bungkus dari sebuah musik. Kalo mereka ga outrageous, mereka ga bakal dilirik. See? Ini juga yang ngebikin mereka istimewa, bener ga?

Tapi...
Kalo gue ditanyain tentang hal ini, apalagi gue adalah cewek...Gue masih susah jawab kayak apa, soalnya gue termasuk penikmat musik kayak gitu. Apa gue seneng ngeliat kaum gue sendiri begajulan di atas panggung dengan pakaian minim, nyanyi kayak orang lagi intercourse, minum bir dan kawan-kawannya itu?? Ini kan sama aja kayak ngebiarin kaum gue dijadiin objek?
Tapi gini ya, kata gue sih para cewek2 brutal itu bertingkah laku kayak gitu karena pengen ngebuktiin kalo mereka itu berbeda. Menjadi sebuah objek itu emang suatu resiko, soalnya emang ya gitulah daya tarik dari seorang personel cewek dalam sebuah band rock, yaitu daya tarik seksualitas, itu yang dijual.
Bagi gue, seorang frontwoman yang keren bisa aja bukan menjadi sebuah objek tontonan, tapi dia adalah sebuah subjek yang ngendaliin audiens. (Nahh...ngomong apalagi gue, sok keren)
Gue jujur aja, bilang semua itu sah-sah aja dan keren, tapi gue ga ngelakuin hal2 itu. Gue ga ngerokok (ato belom ya,? gatau...tapi ngga ah, nanti cepet keriput), pake hotpants aja masih takut. Meskipun gue "bukan wanita biasa", gue masih alim banget kalo kata si Bule mah.

Gue hanya bisa ngacungin jempol buat keberanian mereka semua ngelakuin hal2 kayak gitu. Gue sembah sujud atas keberanian mereka mendobrak batas serta keberanian mereka ngelakuin sesuatu yang berbeda, ga peduli orang bilang apa. Gue harap gue bisa seberani itu, meskipun hal yang gue lakuin itu mungkin konteksnya beda.
Maybe someday I'll wear my hotpants, onstage with my rock n roll band, sing and dance like a hyena, drink boozes, and all those blahblahblahs, maybe. Dan nasib gue bakal sama kayak Siouxsie, Karen O, dan cewek2 brutal lainnya...hahaha.

Jadi sodara-sodara...
Apa kalian pikir Avril Lavigne, Kelly Osbourne, Nicky Astria, ato The Donnas itu sudah cukup ngerock????
AWW...C'MON!!! YANG BENER AJA!!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...