June 28, 2006

Ular Naga Panjangnya..??

(theme songs: Sonic Youth - Sunday..eh ada yg punya MP3 Sonic Youth banyak ga..? :))


Peristiwa ini terjadi tadi malem, pas gw ma abang gue lagi nonton Animal Planet di Lativi.
tau kan isinya Animal Planet? Kalo gak buaya ya uler.
Disitu ada scene hutan kebakar, tapi si rattlesnake itu tetep idup, bisa ganti kulit, blablabla.dan ga tau knapa, ujug-ujug kepikiran...


Gue : (nyanyi) "...Ular naga panjangnya, bukan kepalang.."
Abang: (masih diem)
Gue : "Ular naga panjangnya, bukan kepalang..."

tau ga? gue sebenernya lupa kelanjutannya apaan, jadi minta dilanjutin sama abang gue.Dan tau ga abang gue malah ngapain?


Abang: "Ibu beri inzana, oh inzana.."
Gue : "Ngggaa..ga kayak gitu!!"
Abang: "Kan mirip! Coba perhatiin..!"
Gue : (nyanyi lagi) "Ular naga panjangnya, bukan kepalang.."
Abang: "...Inzana, oh inzana."
Gue : "Ular naga panjangnya, bukan kepalang...Airnya turun.."

Lhaa...kok jadi tiktiktik bunyi hujan??


Abang: "Salah!!"
Gue : "Apa dong??"
Abang: (masih nyanyi) "Ular naga panjangnya, bukan kepalang...emm..emmm...airnya turun kian kemari."
Gue : "Aaaarrrggh..! Tidakkk! Memori masa kecilku hilang!! "


Ehh..tiba-tiba muncul nyokap gue, abis shalat. N langsung jadi penengah.


Ibu : "...Ular naga panjangnya, bukan kepalang..."
Gue : "Terus?"
Ibu : "Ular naga panjangnya, bukan kepalang..."


Hening.Nyokap gue ternyata lupa juga.



Gue : "Airnya turun kesana kian kemari..pohon dan batang basah semua." (NGACO!!)
Ibu : "...Ular naga panjangnya, bukan kepalang...Menjalar-jalar selalu kian kemari.."
Gue : "Menjalar-jalar gituh??" (soalnya dalem pikiran gue, yg menjalar itu UBI)
Abang: "Ini dianya...basah semua.."

Tambah ngaco.

Akhirnya, nyokap ngambil buku piano dari jaman kuda, bentuknya udah kayak artefak. Judulnya "NJANJIAN KANAK-KANAK - KETILANG" karya Ibu Sud dan Nj.R. Sutisno. Cetakan tahun 1961.
Ternyata emang lagu Ular Naga sama Hujan notnya mirip, apalagi pas bagian akhirnya, sama persis. do-do-si-la-sol-fa-fa-mi-re-do.
Jadi laen kali patut dicoba tuh nyanyi barengan sama temen kamu. Kamu nyanyi Ular Naga, temen kamu nyanyi Hujan. Dijamin belepotan n pusing tujuh keliling.


***


Haha..kalo dipikir, lucu juga ya.
Bukannya gue ngerasa udah gede, ato tua, gimana gitu lah..tapi ada perasaan aneh pas kita disuruh nyanyi lagu yang akrab banget di telinga kita pas kecil malah gak bisa.
Sedih, karena makin kesini, kita makin lupa sama masa lalu.

Coba..rata-rata yang baca blog ini umur brapa?18 sampe 30 taun?
Berapa banyak yang udah terjadi sepanjang itu?Dan berapa banyak yang udah kita lupa?Coba...masih inget ga lengkapnya lagu Ular Naga kayak gimana? Burung Kutilang?
Ayo coba sebut, si burung Kutilang tuh nyanyinya di pohon apa?
Pohon Cempaka ato pohon Cemara?
Bisa sebut warna balonnya apa aja di lagu Balonku?

Jadi anak kecil di jaman dahulu tuh enak, punya lagu yang emang sesuai sama umurnya.
Lagu-lagunya tuh ngebawa optimis, banyak nilai yang bisa kita ambil.
Jauh bangetlah sama lagu anak jaman sekarang, yang isinya tentang kebelet pipis, papa yang berkumis, ato tutitutatanongnongnangningnet.
Dan gue paling BENCI sama PARA ARTIS CILIK YANG DIDANDANIN MIRIP BO BO HO.
Bukannya gue rasis ato gimana yah, tapi plis deh! Apa lucunya Bo Bo HO sih???

Lagu anak-anak sekarang tuh RADJA, Peterpan, RATU, Samsons, dan band cinta-cintaan laennya. Sama apa itu..yang lagi ngetrend? UNGU dengan vokalis kribo = Nidji.
(Sumpah, bagi gue mereka dengan vokalis kribo itu cuman kedok seakan-akan musik mereka bagus. Actually, they only have 2 good songs..yang OST.Heart tokai kuda sama yang bahasa Inggris itu. Yang laennya? ya kayak UNGU, tau kan UNGU..? :))

Kalo ga percaya, dengerin apa yang dinyanyiin sama pengamen-pengamen kecil di jalanan kalo kita lagi di angkot.
Mungkin kita ga nyadar, kalo udah terjadi suatu pemutarbalikan dunia dewasa sama anak-anak, karena kita sendiri pikir aneh kalo pengamen cilik nyanyinya Balonku ato Kutilang, udah gak matching sama jamannya, ato karena kita sendiri lupa lagu-lagu anak jaman dulu itu kayak gimana, kayak yang terjadi sama gue itu.
Mungkin otak gue udah ketutup sama donlotan-donlotan Limewire.
Dan gue jadi takut...kalo gue punya anak, anak gue gimana ntar ya?
Coba pikir, banyak anak kecil yang dieksploitasi sehingga jadi dewasa sebelon waktunya, ato didewasa-dewasain sama orangtuanya. Coba pikir, perlu gitu anak SD dititipin hape? Perlu gitu anak SD dicat rambutnya? Pantes gak anak SD pacaran? Ato kayak bayinya Deddy Corbuzier aja, orok sekecil itu udah didandanin gothic.


jadi inget kayak kata abang gue:


"Kalo jaman saya ya Dek, ada yang bilang gini: Pas lulus nikah, kuliah ML,
SMA pacaran, SMP ngeceng, SD bengong. Kalo jaman sekarang kan udah kuliah nikah, SMA ML, SMP pacaran, SD ngeceng. Nah..gimana yah kalo nanti SD udah pacaran, trus SMP ML..??"

Yang bakal terjadi menurut gue sih, SD pacaran, SMP ML, SMA nikah, kuliah bengong.
Masa depan bakal dilaluin dengan bengong.
It could be happen...!Mengerikan!!

Jadi yah, coba kita kenang lagi masa-masa hepi pas kita kecil.
Itu menyenangkan kok. Belom banyak masalah, dan banyak lagu-lagu anak yang bagus pas jaman itu.
Coba maen ke SD, beli jajanan-jajanan ajaib yang dulu kita keukeuh beli padahal nyokap ga ngebolehin. Vetsin lah, pemanis buatan lah, saos lah, bla-bla-bla.
Coba...kangen gak sama arumanis yang pake kerupuk tipis pink itu?
kue pukis yang dipegang2 ma mang2nya, padahal mungkin dia habis boker ato ngupil? cilok?Kangen gak sama boneka kertas?
Rental gameboy?
Tamiya?
Jepit kupu-kupu? Jepit laba-laba?
Balon?
Anak-anak cowo yang suka ngangkat2 rok anak2 cewek, trus anak2 cewek itu cuman bisa ngejerit-jerit, satu ngejerit, ikut ngejerit semua?
Tentu sangat menyenangkan. Apalagi pas kelas 6 SD gue pernah bawa poster The Moffatts segede gajah (inget The Moffatts kalian???) trus ditempel di tembok kelas gue. Dasar biang groupie, malu juga ya ^_^


Ular naga panjangnya, bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari.
Umpan yang lezat itulah yang dicari.
Ini dianya yang terbelakang...


(terus kamu ditanyain, mau apel ato jeruk? mau mawar ato melati? dan kamu selalu jawab apa yang sobat kamu jawab)

1 comment:

Anonymous said...

boleh saya tahu, siapa pengarang lagu ular naga panjangnya? Bisa ditemukan di buku apa ya? Thx
www.tikus21.multiply.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...