May 14, 2007

Mang Sayur Pinter

(Theme Songs : I Love That Man - Davendra Banhart)


Ada tukang sayur baru di kompleks gw,
katanya sih dia mantunya bibik sayur yang udah lama di kompleks gw. Turun temurun jadi tukang sayur, begitu.
Oia, btw, akhir2 ini ko gw sering bgt cerita ttg para tukang-tukang gitu ya? Tukang bakso, trus skarang tukang sayur..?

Nah, si tukang sayur ini tuw namanya Mang Ade, masih lebih muda lah dari Mang Acun (tukang sayur yang udah tua, n rada culas). Kebetulan ponakannya.


Suatu hari, nyokap udah belanja sama Mbak Minah (pembantu gw), ketawa-ketiwi.

Beliau cerita, katanya pas Mbak Minah bingung mau beli ikan ato ayam, ujuk2 si Mang Ade nyeletuk :


"Wah..Kalo kata saya ya, Mbak itu tipe wanita peragu."


Yang diceletukin terang aja cuma bisa bengong. "Wanita Peragu". Cie...gaya bener sih situ.


Trus hari selanjutnya pas nyokap beli udang,
si Mang Ade nyeletuk lagi:


"Tau gak Bu? Saya baca ya, katanya udang itu binatang tertua lho.."


Sotoy benerrrrrr.
Tapi kalo dipikir2 bner juga ya, binatang intervebrata (tak bertulang punggung) itu kan bisa dibilang jauh lebih tua dari vertebrata (bertulang punggung), maksud gw lebih dulu ada di bumi daripada vertebrata.
Dan nyokap terus aja ketawa2 kalo ada si Mang Ade itu.

Apalagi udahnya si Mang Ade nawarin mau ngupasin udangnya, nyokap kaga mau. Terus si Mang Ade ngomong lagi:

" Ohhh..udah ada assistant of the house-nya ya Bu.."

Gyahahaha :D

Dugaannya sih,
si Mang Ade itu dulu sempet sekolah, tapi dia terjebak di bisnis keluarga, alias jadi tukang sayur.
Ato ngga, dia tuh selain jadi tukang sayur, ngerangkep jadi guru ngaji, yang kalo di kampung-kampung ngerangkep jadi guru bocah-bocah belum sekolah.
Ato mungkin aja dia itu agen rahasia yang nyamar jadi tukang sayur.
Sebenernya di kompleks Guntursari yang aman, damai, tentram, jauh dari ITB, dan isinya oma-oma dan opa-opa, ada teroris.


Jadi inget film Nagabonar Jadi 2, si supir bajajnya (gw lupa namanya sapa),ngasihin buku La Tahzan ke si Nagabonar.
Cie..buku best seller.
Tapi isinya emang bagus kok, semua boleh baca. Termasuk supir bajaj sekalipun.

Hehe..
Mungkin kita bisa ngira-ngira, mungkin di antara tukang bakso ato tukang-tukang lainnya sebenernya mereka udah sekolah cukup tinggi, tapi keadaan yang ngebikin mereka jadi kayak gitu.

Mungkin di balik senyum sederhana mereka ada rumus matematika ato mereka pas SMP juara sekolah.
Mungkin aja :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...