June 30, 2007

Si Benjolan

(Theme songs: Mew - Am I Wry? No)

Eh, tau gak..
Kalo dalam waktu dekat ini saya akan operasi?
Meskipun hal ini tergolong urusan pribadi, tapi gw pikir ga ada salahnya kalo gw cerita, we never know what will happen to us, terutama untuk cewek-cewek di luar sana.

Well, I have this tumor on one of my (sorry) breast.

It was started 'round 2 months ago when I felt this kind of strange things.
I thought that was an usual monthly menstrual syndrome (kalo rajin baca buku biologi, pasti tau lah :B), tauknya setelah sebulan lewat masih kerasa juga.
Gw langsung ke RSHS dong buat ngecek.
And the result is,si "strange thing" alias si benjolan itu harus diangkat, soalnya gedenya kurang lebih 2 senti.
Huaduh, namanya juga gw kagak pernah dioperasi seumur idup, sesantai-santainya masih jiper lah gw.

Belon tau sih, si benjolan ini ganas ato jinak, soalnya harus diangkat dulu baru dianalisa.Bisa cuman lemak lah, jaringan lah, ato bahkan kanker.

Hehe, pas sebelum diperiksa sama dokternya, di dinding ruang prakteknya kan ada kayak gambar innerside payudara dan skema macem2 jenis tumor.
>2 cm harus waspada.
>4 cm termasuk ganas (bahkan sampe ada yang segede bola tenis lho, aaaawwwwkkkk...takut)


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
ini nukleus, kalo abnormal bisa jadi kanker.



Apa bedanya tumor sama kista?
Kata dokter, tumor itu jaringannya padat.
Kalo kista lebih lembek dan isinya cairan. Meskipun sama-sama harus diwaspadai, yang lebih harus diwaspadai adalah tumor, karena dia padat dan resiko menyebar lebih besar. Beda dengan kista, kalau ukurannya kecil masih bisa diserap tubuh

Apa bedanya tumor sama "benjolan" yang kayak gw sebut tadi?
Gw sendiri jg baru tau, ternyata segala benjolan dalam istilah kedokteran itu disebutnya "tumor" :B
(ada yang lebih ahli dalam masalah ini? kali aja gw salah).

Sebelum diperolah keputusan gwnya mau operasi pun pake survey dulu.
Nyokap nanya2 temen2nya yang pernah berurusan sama tumor2an.
Macem-macem juga penanganannya, ada yang bius total lah, ato bius lokal doang. Bahkan ada yang ke sinshe doang!
(alesannya sih biar diobatin aja dari dalem jadi bodinya ga ada bekas operasi, padahal udah tante2, hahahahah...jatohnya malah lebih mahal daripada operasi)

Sampe skarang gw juga belon tau penyebabnya apaan.
Kan ada yang cerita kalo fastfood bisa merangsang tumor, tapi gw pikir itu ga mungkin deh kalo itu sebabnya gw punya tumor. Gw jarang banget makan fastfood, I live in a family with a quite healthy eating habit, I don't smoke or take alcohol, and I sleep quite well.

Dan kata dokter gw sendiri, penyebab terjadinya tumor juga misterius, karena ini betul-betul bisa terjadi di siapa aja.

Pas gw cerita ke temen2 gw, kebanyakan mereka jadi parno sendiri n gak nyangka kalo itu bisa kejadian di orang terdekat mereka.
But it happens!TRULY.

Dan salah satu alesan kenapa gw cerita ttg ini karna selain bwt sharing, gw juga masih buta tentang tumor2an dan keluarga kanker kayak gitu.
Kali aja ada yang ternyata pengalamannya sama kayak gw, jadi bisa sharing sebelum gw operasi sekitar beberapa minggu lagi.
Ntar imelin gw aja, yap!

Cerita tentang tumor atau kanker yang lebih mudah menyerang kaum wanita nggak cuma ada di sinetron ato koran doang.
Itu nyata, dan mungkin kamu sendiri juga bisa kena.


So girls, from now on,
DON'T BE AFRAID TO CHECK YOUR BODY.
Because we never know what will be happen!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...