September 12, 2007

Dina versus Minah The Great

(theme songs: Rihanna - Umbrella..yes this song is S.T.U.C.K in my head baby)



Pembokat (pembantu) gw si Mba Minah pulang kampung deh.
Kenapa? gara2 puasa?
Kagak, gara2 cucunya mo lahir.
Jadi dia pulang buat ngurus cucu.
That means she'll come back in one/two years.
Or ain't comin' back at all.

Eh, tapi di balik kepulangannya itu banyak cerita loh.


Satu..
Dua..
Tiga..

Kita mulai dari cerita tentang rumah gw.
Rumah gw itu dua rumah yang dijadiin satu.
Gw tinggal di rumah yang barunya, rumah yang lama dijadiin tempat kos khusus cewek sejak sekitar taun 2003an.

Nah si Mba Minah itu udah jadi pembantu sejak 13 taun yg lalu,dan dia diserahi tugas buat ngejaga rumah gw yg dijadiin tempat kos itu.
Berlalulah hari demi hari, sepertinya Mba Minah menjalankan tugasnya dengan baik, sampai....

Mba Minah suka cerita yang aneh2 tentang tingkah laku anak kos ke keluarga gw.
Kayak si itu suka minta dilulurin, suka bawa pacarnya lah, suka makannya ga tau sopan santun lah, dll.
Dan kami percaya2 aja.
Btw, sebenernya keluarga gw bukan tipe kluarga yang suka ngerendahin pembantu,
pembantu itu harus dianggap kayak orang biasa, bukan orang rendahan yang dibentak, dipukulin, bahkan disetrika kayak orang2 Malaysia jahat yang suka nyiksa TKW itu.
Pembantu ya punya hak juga lah untuk andil dalam keluarga.
Seenggaknya itu yang dulu kami pikirin.


Para cewek dateng silih berganti di tempat kos itu.
Sampe yang terakhir kesisa sampe sekarang ada namanya Dina,,
mahasiswi yang meskipun dia ga ganggu kita, tapi tingkahnya emang rada pemales.
Diem terus di kamar g tau ngapain, kalo bangun siang terus, solat juga ga jelas jam berapa (masa solat shubuh jam 9 pagi??? hello..), makannya juga banyak (namanya juga anak kuliahan)
Selain itu dia ngga ganggu keluarga kita kok.
Orangnya sih baik, sopan aga2 pemalu.
Ga masalah.

Sampe pada suatu hari, sekitar 2 minggu yang lalu.
Dina baru pulang dari Jakarta, trus kebetulan pas dia ke Jkt itu, kamarnya kepaksa kami buka soalnya di kompleks gw ada fogging demam berdarah.
Kepaksa kami buka lah tanpa seijin empunya, supaya kena fogging juga.

Pas uda pulang itu, Dina nanya ke Mba Minah apa liat bajunya yang ijo kotak-kotak.
Mba Minah bilang ngga.
Dina bilang apa keselip di tumpukan baju keluarga gue.

Nah, dari sinilah MASALAH tersebut berasal.

Mba Minah ternyata sangat muarrrrah ditanya2in kayak gitu.
Dia ngerasa dituduh udah kerja ngga becus.
Dia terhina dituduh kayak begitu padahal dia ngerasa udah senior di rumah gw.
Terus menurut dia, Dina itu parno-an karna setelah dia tau kamarnya udah dibuka sama kami pas fogging itu, dia pikir keluarga kami yang ngambil tuh baju (padahal ngapaiiiiiinnnnn ngambil baju orang, kayak ga punya aja).
Setiap hari kayanya kami terus2an dengar cerita baju kotak-kotak dari Mba Minah.

baju kotak-kotak ijo.
ba ju ko- tak kotak i-jo.
b a j u k o t aaakk ko ta kkkkk.
ba j u k ooo taaaaakkk kootaa a k k k.
i i i j o o o o
b a j u
k o t ak
k o t aaaaaaaaaaa kkkkkk
i j oooooooooooooooooooooo oooooooooooooooo.


(sampe jadi slow motion gini saking enegnya denger cerita itu, serasa liat iklan Mizone)



Yes, my nanny become so furious until she gossip-ing it all with the neighbours (!!!!)
yes, don' try to make a fuss with my nanny yo.
Because she'll make you suffah (suffer) more and more.
(logat rapper Bronx)


Sampe suatu saat segalanya menjadi MELEDAK.
Dina yang ga tahan diomongin yang jelek-jelek mulai menumpahkan protesnya pada suatu pagi.
Mba Minah yang kepala batu n ngerasa sakit ati juga jadinya ngemaki-maki histeris.
Dan serangan fajar minus pahlawan mati itu dimulai dan bikin bokap nyokap sampe turun tangan.

Yeh sapa yang ga stress ga sih ngeliat catfight subuh2??
Apalagi Mba Minah tuh tipe orang Jawa ndableg yang ngomongnya keras,kalo berantem nyengor, jauh lebih serem lah daripada berantem sama sopir angkot Batak (hahaha).

Seperti ini kutipan makiannya:


Mba Minah : "Pokonya saya sakit atiiiii banget dituduh situ kayak gitu. Tak sumpahi bakal bau terus seumur idup. Percuma pak jilbab ya Alloh!!!!"
Dina : "Biarin, dasar nenek-nenek bau tanah. Kerjanya nggosip, jail suka omong ga bener ke tetangga."
Mba Minah : "Dasar tukang boong. Tukang fitnah. Pake jilbab tapi kelakuannya nda bener.Tak sumpahi!!!!! Tak sumpahi!!!!"
Dina : "Dasar nyinyir, pantes anaknya Mba Minah ga pernah nurut sama Mba. Mba aja kayak bgini. Saya doain cucu Mba juga ntarnya ngelawan Mba!!"
Mba Minah : "Astagfirullah!!!!!!!! Keluar kamu!!!!! Keluar!!!!!!!!



Si Dinanya ngotot ga mau keluar kamar, terus Mba Minah yang histeris gedor-gedor pintu sambil ngedobrak paksa kamarnya Dina.
trus mereka maki-makian terus sampe bokap dateng ngelerai pun nggak guna.
Dina mulai nangis n ngebela diri kalo dia ga pernah nuduh Minah ambil bajunya.
Dia kan cuma nanya, katanya. Ga pernah nuduh.
Mba Minahnya aja yang sensian.

Ah keadaan semakin seru sampe saat nyokap jadi ikutan marah.
(terbayang nyokap yang lembut, kalem, damai, seperti telaga warna di pagi hari lalu tiba-tiba marah)


"CUKUP!!! UDAH!!! POKOKNYA SAYA GA MAU DENGER TENTANG BAJU KOTAK-KOTAK LAGI!"


keadaan bisa terkendali, udah bisa diem sih mereka, tapi kaga tau deh Dina sama Mba Minah baekan ato kagak.
Yang jelas si Dina malah jadinya cabut ke sodaranya,
n Mba Minah bahkan ga mau ngambilin koran langganan Dina, dibiarin sampe numpuk di teras.


Sampe Mba Minahnya pulang, kayaknya tetep brantem deh.
Sebelum pulang, Mba Minah ngasihin saya secarik kertas.

"Dek Diani, kalo mau tau Mba Dina udah maki-maki apa aja ke saya, ini liat. Ini surat Mba Dina buwat saya."

Dan pas liat si kertas itu, rasanya gw pengen ngakak.
Isinya emang makian semua.
Anjis dasar si Dina nya pendiem kali ya, jadinya mau protes pun pake surat.
isinya kayak "Minah harusnya loe tau dong kalo lo cuma pembantu.." ato "dasar bau tanah.." dst.


Mba Minahnya udah pulang untuk beberapa taun sampe cucunya gede.
Dina sampe detik gw ngetik post ini, tidur dengan nyenyak tanpa omelan Mba Minah.
Bokap bilang sih Mba Minah udah keterlaluan, udah berani ngomel-ngomelin dan ngegosipin Dina yang secara adalah tamu di rumah itu, yang seharusnya dilayanin kok malah diomongin yang jelek2 di belakang.
Nyokap sih udah capek ngurusin.
terserah dah kalo Mba Minahnya ga dateng lagi juga gak papa.
Kalo dipikir2 Mba Minah juga suka kerjanya seenak udel.
n jangan2 kosan jadi ga laku gara-gara dia galak.



Eh gimana neh?
Mba Minah tuh setia, tapi blundernya ini keterlaluan.


Kalo kata tante gw ya...


"Temennya bawang? E cabe deeee......."



1 comment:

Putri said...

omaigat. sumpah ya nih cerita lucu banget.
emang pembantu - pembantu jaman sekarang suka sotoy. kadang2 galakan pembantu drpd majikan.
Mungkin si mbak minah lo itu kerjanya udah terlalu lama kali, jadi ya gitu...udah berasa sebagai salah satu pemilik rumah juga. Hehe.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...