June 1, 2008

Malam Cinta Seni Rupa

(theme songs : Cat Power - Sea Of Love)

Kan tadinya saya bilang mau hiatus,
tapi nyatanya saya ingkar janji :p


Di SR ada Malam Cinta, diadain pas banget sama hari ulang tahun saya.
SR jadi keren banget pake dekor untaian benang dimana-mana, sama lampu-lampu gantung yang dipasang seolah-olah jadi kayak ada ratusan lilin tersebar di lapangan merah.
Semua performer nyanyiin lagu-lagu mellow, ato lagu-lagu yang love melulu.
The Sanjayas nyanyiin lagu tentang LUX yang oke kalo kata gw sih (reffnya:Luna Maya.../Mariana Renata../Dian Sastro.../Tamara Blezynsky../L.U.X looks good../)
Jodi perform juga keren bok.
Trus TPB 2007 yang diundang banyak banget yang dateng, dengan kostum yang super gokil victorian2 gitu, lengkap pake rok gembung dan wig putih
(jadi iri..angkatan gw kok ga pernah pake baju kayak bgitu yaa...bukan banci kostum siihh..).

Dan saya nggak sendiri.
Ada teman-teman saya.
Ada dia, yang saya suruh-suruh mandi dari kemarin.
Lalu saya diberi mawar.
Merah.

Ah, dia ngga pernah lupa favorit saya.


Dalam sejarah kami nonton acara SR, dia ngga pernah selama itu di samping saya.
Padahal TPB dimana-mana.


Kemudian pasangan Beben dan Ari perform.
Panggung gelap.
Semua lampu gantung dimatiin.
Lalu satu-persatu lilin di tangga lapmer dinyalain.
Suasana redup.

Lagu Cat Power mengalun.

Beben ngebawa suatu wadah bulat besar, lalu dia nyalain api di dalamnya.

Api berkobar-kobar.
Lagu Cat Power terus mengalun.
Dada saya terasa dingin.
Tenggorokan saya tercekat.


Ari ngebawa satu kardus besar.
Berisi...
barang-barang yang pernah Beben kasih ke Ari.

Saya bisa tahu itu barang-barang pribadi mereka, karena kerasa sangat personal.

Kayak lembaran notes dengan tempelan foto..
boneka..
sketsa mereka..
mobil-mobilan vw combi dari styrofoam..


Lalu Ari mulai menangis,
saya mulai sadar bahwa ada sesuatu yang ga beres.

Lalu Ari mulai memasukkan barang-barang tersebut ke kobaran api.
Satu persatu.
Beben merangkul Ari, dengan tatapan: "semua bakal baik-baik saja."
Tapi Ari terus menangis.


Tenggorokan saya tercekat.
Lalu air mata mulai turun di pipi saya.
Saya menoleh ke samping saya,
dia menunduk.
Dia lalu bilang : "Beben bilang, dia sama Ari bisa putus beneran gara-gara perform ini."

Air mata saya makin deras.
Saya cari tissue, cuman ada satu. Lalu setelah tissue itu lembek gara-gara ingus dan tangis saya, saya lap mata saya yang basah ke lengan jasnya.
Semua yang saya lihat di panggung itu kerasa menyedihkan.
Hati saya kayak diiris-iris.


Kami pernah berantem hebat setelah kami putus.
Kami pernah saling memaki.
Hanya gara-gara mempermasalahkan barang-barang peninggalan kita.
Kami (atau sebetulnya saya) sangat tergantung sama yang namanya barang peninggalan pacar.
Selalu susah lupa kalo masih ada barang mantan.
Dalam hati, kalo marah selalu ngancem mau ngebakar semua barang itu.

Dan pas Malam Cinta, ada yang rela membakar semua barang-barang peninggalan pacar, kami cuma bisa terdiam.
Maunya ga nangis, malah jadi nangis.
Lalu, lagu Cat Power ini,
dia pernah menelepon saya dengan lagu ini.
Saya inget, pas itu saya jahat ke dia.


Perform diakhirin dengan Ari ngebakar gelang yang dipake sehari-hari di SR.
Ga ada lagi memori yang tersisa.
Beben cium dahi Ari,
dan mereka berjalan beriringan membawa barang-barang yang hangus tersebut.

Semua orang berdiri.
Standing ovation.
Beberapa orang masih menangis (termasuk saya).


Beben dan Ari bilang sesudahnya,
"Dalam suatu hubungan, kadang ada keadaan dimana putus udah ada di ujung lidah. Lalu ada memori yang sangat terkait dengan barang-barang peninggalan pacar..Kami ingin nunjukkin, meskipun barang-barang itu udah ga ada..yang penting hatinya. Maka dari situ akan tumbuh sesuatu yang baru lagi.."


Air mata saya mulai kering.
Maskara saya luntur.
Saya menoleh lagi ke samping.
Dia tersenyum.
Kami nggak kembali lagi.
Nggak akan mungkin bisa kembali lagi.
Tapi malam itu kerasa sempurna buat saya.


Dan yang saya ingat, saya pulang ke rumah dan tidur dengan tersenyum.

2 comments:

Anonymous said...

Aaaaawwk....

Ratie said...

Heeii.. Nice writing! Anak SR yah? Saya mah suka numpang lewat doang dulu.. Kalo mo ke TL dari parkiran.. Hehehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...