May 2, 2010

facebook bokap dibajak.



fesbuk bokap dibajak.

tadinya gw pikir ini cuma bisa kejadian di orang lain, tapi taunya kaga! bokap gw baru ngalamin ini kemarin, 2 kali! dan akibatnya sampe sekarang ga bisa log in, dan hacker tersebut masih berkeliaran di luar sana, nyalahgunain nama bokap gw.

bermula dari bokap telepon gw karena dia dihubungin temen2nya karena ada kabar di chat fesbuk katanya bokap butuh duit 1 juta karena anaknya mau ngelahirin (wtf, that's means gw darimana hongkong gw mau ngelahirin, nikah aja blon). trus ada lagi yang dihubungin karena sodaranya kecelakaan, trus minta ditransfer via atm.

ternyata,
si oknum ini aktif di chat facebook dan ngehubungin temen2 bokap, trus bilang perlu duit, dan minta ditransfer ke rekening sekian2 atas nama budi tjahjadi jufri---> bukan nama bokap gua sama sekali. untungnya temen2 bokap gw ngerasa janggal, yang minta duit sapa, kok minta ditransfer ke nama lain yang namanya asing.

nah seharian kemarin pas siang hari gw berusaha mencegah si hacker bertingkah lebih jauh lagi dengan ngeganti password facebook bokap (since bokap aga gaptek, jadi gw yang nanganin, hehe)
...nah SIALANNYA, yahoo mail yang dipake buat jadi alamat email bokap di facebook juga di hack!!!
paswordnya juga diganti!!!

kata temen gw yang diajar bokap juga (bokap gw dosen, dan di fesbuknya banyak mahasiswanya juga), katanya bokap tuh aktif di fesbuk sekitar jam 08.00 sampe 12.30 gitu. mustahil, padahal bokap sendiri lagi nyidang s1, ga mungkin online fesbuk.

dengan panik, gw report ke Facebook nya kalo fesbuk bokap dihack, dan untuk nanganin password yahoo mail bokap yang dihack, gw report yahoo, dan minta dikirim konfirmasi ganti password ke email cadangan bokap.
setelah berjam2, akhirnya pas sore itu juga bisa log in lagi.
bokap langsung berusaha "membersihkan namanya" dengan nulis status kalo accountnya baru dihack.
ternyata pas diliat di history facebook chat, oknum itu udah minta ke banyak orang dengan alesan macem macem.

NAH.
pas malemnya, sekitar pukul 21.00-22.00
tiba2 bokap diajak ngobrol via chat fb sama temen alumni sesama ITB juga. nah tapi bahasa si orang ini aneh, dan bokap langsung curiga ketika si temennya ini malah minta duit dan ngaku kalo dia baru ketipu bokap (intinya, minta ganti karena udah kena tipu oknum yang ngaku2 bokap ini. IH ENAK AJA.)
bokap curiga, dan nyoba nelepon si temennya ini. tapi ga aktif.
trus bokap bilang "eh lu aktifin hape lu dong. gw nelpon ga aktif."
eh si oknum ini ngeles,
katanya hapenya dipinjem istri lah
lagi di luar rumah lah dsb.
berarti temennya bokap ini lagi dihack juga dong, pas diperiksa taunya temennya ini baru pulang dari bali dan lagi TIDUR.

dan...
yang paling SUCKS NIH.


tiba2 bokap ke log out sendiri pada pukul sekitar 22.00 WIB.
pas mau login lagi, UDAH DIHACK LAGI (gw kurang tau apakah oknumnya sama dengan yang ngehack account bokap pas pagi2 dan dgn yang ngehack account temennya bokap).

panik lagi kan,
dan yahoonya juga udah keganti lagi passwordnya.
pokonya tadi malem itu gw kebut2an sama si hacker.
dengan gonta ganti password dengan kombinasi yang aneh-aneh.

sekitar jam 22.30 akhirnya berhasil login,
dan pas liat chat history
ternyata baru aja sekian menit yang lalu si oknum ini ngajak ngobrol salah satu temennya dan MINTA DUIT JUGA.
langsung dong, gw ketik,
"ini penipuan, account saya tadi dihack."
soalnya si temennya bokap ini udah mau nransfer aja pada saat itu juga (jam stgh 11 malem bo.)
untungnya, temen bokap langsung nyadar.


TIBA TIBA.
JRENG JRENG JRENG.
BOKAP KE LOG OUT LAGI.

pas mau login lagi ga bisa,
trus pas mau report ke facebook kalo dihack lagi.

katanya, account dengan email bokap yang semula, (d*****9***@yahoo.com) itu udah kaga ada.
pas diliat di account,
bener dong...
SI OKNUM HACKER ITU UDAH NGEGANTI EMAIL FACEBOOK BOKAP pake email asing a.edan91@yahoo.com

gw udah kalah deh pas itu, ga bisa ngapa2in lagi.
gimana mau ganti password dsb, toh email induk buat jadi account fbnya udah diganti.
jadi officially fesbuk bokap udah dibajak!!
trus via fesbuk nyokap untuk ngeliat fesbuk bokap, segala wallnya bokap udah diapus.

karena lelah nanganin ini semua,
after sending warning message on mailing list dsb, dan gw update di twitter kalo fesbuk bokap dihack.

sebelumnya, GUA SEMPET KEHACK JUGA, karena ga bisa login, dan passwordnya tiba2 udah diganti.
anjiiiiiiiiiiiiiinnng...

tapi alhamdulillah, gw lebih cepet dan langsung ganti password (pas kmarin yahoo gw ga ikut kehack), jadi gw langsung login pake password baru yang aneh bin ajaib, dan ujung2nya gw deactivated facebook gw *bye bye facebook*

sekeluarga akhirnya tidur sekitar pukul 02.00 (!!!)


NEWS UPDATED:

ternyata, udah ada yang ketipu sama si oknum yang ngaku2 bokap ini.
pas tadi pagi pukul 08.00 ada yang nelepon bokap nanyain kabar nyokap, apakah dia baik2 aja.
ternyata si oknum bilang kalo nyokap dirawat di rumah sakit dan kondisinya gawat, kalo ga cepet2 bayar rumah sakit, nyokap bisa meninggal (audubilahiminjalikkk).
DAN TAUNYA UDAH TRANSFER SATU JUTA.
soalnya mau ngecek bokap, katanya hapenya ga diangkat (pas itu bokap lagi nyidang mahasiswa, ya mana mungkin ngangkat hape.)
dan nama rekening yang udah ditransfer, Fazar siapa gitu.sama sekali bukan nama bokap gw.

too bad,
dan sekarang account facebook bokap gw udah ga ada,
mungkin karena di-deactivate sama si oknum, ato juga mungkin karena pas semaleman tadi kami sekeluarga kompak udah report ke facebooknya karena bilang bahwa account ini udah dihacked, hihihi :">



jadi temen2,
waspada ya, facebook sekarang udah berbahaya.
hacker sepertinya punya program yang bisa buat ngescanning password2 yang udah kita bikin, dan kayanya password kita ini bisa kelacak dari malware yang bercokol di komputer kita.
modusnya biasanya minta duit sekitar 1 juta keatas dengan alasan anak sakit, istri sakit, ato ada sodara yang kecelakaan trus dirawat di rumah sakit, dsb.
dan biasanya mengincar korban penipuan via facebook chat (bahkan ada yang lewat private message lho).
oknum biasanya mengincar orang2 yang terlihat mapan dan berduit (dilihat dari foto) dan yang kira2 sudah berusia sekitar 30 tahunan ke atas (soalnya temen2nya bokap yang masih mahasiswa ga diajak chat). dan yang dihack biasanya orang2 yang friendnya udah banyak, sekitar 500 friends ke atas.

HATI HATI YA GUYS.
KALO BISA PAKE PASSWORD YANG BERBEDA TIAP ACCOUNT,
dan selalu rajin scanning malware di komputer, karena ada malware malware yang bisa ngelacak password kita kaya apa, sesusah apapun.

BE CAREFUL,
THEY WERE AROUND US.

8 comments:

Anonymous said...

coba lo baca ini di,

http://www.facebook.com/topic.php?uid=344131637564&topic=14188
(coba gunakan yang cara 2-nya, kali aja masih bisa)

sama ini tips
http://bs-ba.facebook.com/topic.php?uid=37616887522&topic=11746

semoga kedepannya lebih waspada.

hendra said...

coba baca ini di
http://www.facebook.com/topic.php?uid=344131637564&topic=14188
(gunakan cara yang no.2 kali aja masih bisa)

sama ini tips
http://bs-ba.facebook.com/topic.php?uid=37616887522&topic=11746

semoga kedepannya lebih waspada.

monik said...

waduh serem plus seru di. hehe
ati2 lah. gw jg sering ke hack gt beberapa kali dulu untung ga sampe ditipu kayak bokap lo gt. makin ga aman aja.

diani. said...

@hendra : wahahah thanks linknya ndra, ntar pas gw udah aktif fesbuk lagi yak.

oktarianinurul said...

halo diani.. :)

ijin nyimpen link post ini di blog saya ya..
trimakasih :)

.:nyala said...

diani ijin link postingnya di fb y
mengerikan ini kasusnya >.<

Anonymous said...

To be a upright human being is to have a amiable of openness to the mankind, an gift to trust uncertain things beyond your own restrain, that can front you to be shattered in unequivocally outermost circumstances on which you were not to blame. That says something remarkably weighty relating to the get of the principled autobiography: that it is based on a conviction in the uncertain and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a spy than like a sparkler, something fairly dainty, but whose extremely precise attraction is inseparable from that fragility.

AmpunDejayy said...

Seru banget baca nih posting, kaya cerita detektif.
Moga2 si pelaku bs cepet ketangkep spy ga melakukan hal2 serem kaya itu lg

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...