April 22, 2013

Zodiak Gembira



Hi all? apa kabarnya?

setelah berturut2 posting hanya seputar karya, sekarang nih saya baru mau menulis yang agak panjang.

Saya orangnya termasuk yang percaya zodiak. kalau ada majalah, pasti saya baca ramalan bintang dulu. meskipun banyak orang yang bilang ramalan bintang itu pseudo - science, tapi saya dari dulu beranggapan kalau ramalan zodiak itu adalah hal yang fun, guilty pleasure. 

Nah ketika teman saya, Dea, penulis yang akrab dengan nama Sundea, dan Rukmunal Hakim, teman saya, seorang ilustrator jagoan, membuat suatu "servis" di akun twitter @zodiakgembira, saya langsung penasaran dan memesan "servis" mereka. Apa servisnya? tentu saja, ramalan zodiak with a twist :p Dea menyebut dirinya sendiri Dukun, dan Hakim sebagai Jin. mereka menamakan servisnya Zombi, atau Zodiak Gembira! :D

"servis" Zombi ada dua macam, yaitu Zombiku (zodiak gembira ku), yaitu ramalan untuk perseorangan, dan Zodohku, yaitu ramalan untuk couple.

Saya menjalin hubungan dengan pacar saya sudah nyaris 4 tahun, dan yaaa of course saya sering membaca zodiac compatibility antara saya dan dia. Saya Gemini, Luky Virgo. Saya lahir 30 Mei 1988, Luky 7 September 1984. sebenarnya jarang yang bilang zodiak kami cocok, tapi nyatanya hubungan kita syukurlah berjalan sampe sekarang :p 
Nah karena penasaran seperti apa hubungan kita, saya memesan servis Zodohku~ dan ini hasil bacaannya, yang datang kepada saya dalam packaging memory card dibungkus amplop pinky beraromatherapy :



Gemini dan Virgo sama-sama dikuasain planet Merkurius,
planet yang ngrepresentasiin komunikasi. Jadi kayaknya
kalian berdua bisa ngobrol asik tentang apapun. Cuma
Virgo dan Gemini biasanya punya sudut pandang yang
agak beda. Gemini yang unsurnya angin biasanya lebih
ringan dan random, sementara Virgo yang unsurnya tanah
cenderung lebih serius dan realistis.

---> oke, ada satu garis besar yang ternyata cocok.


Diani dan Kebutuhannya
Sesuai lambangnya yang anak kembar, biasanya mereka seperti punya dua
kepribadian dan gampang berubah-ubah. Buat sebagian orang, ini bikin
pusing. Tapi buat sebagian lagi, ini justru seru karena bikin Gemini
jadi sosok yang penuh kejutan dan nggak ngebosenin.
Sebagai Gemini dengan Venus (planet yang ngerepresentasiin percintaan) di Gemini juga, ada kalanya kamu pengen hubungan yang ringan, seneng-seneng aja. Sadar
nggak sadar kamu ada flirty-nya, gampang fling (tapi gampang
ilfeel lagi juga), dan seneng narik perhatian gebetan dengan pemikiran
dan obrolan yang eksentrik.
Tapi di sisi lain, moon (planet yang ngerepresentasiin emosi) kamu
yang di Scorpio bikin kamu kadang ngerasain sesuatu terlalu dalem. Di
hubungan, ada kalanya emosi kamu intens sekali, sedikit posesif, dan
takut banget dikhianatin. Meski selaku Gemini kadang kamu ringan
dan cuek, kadang kamu jadi intimidatif dan banyak nguji pasangan
karena suka mikir macem-macem. Kamu nggak suka hubungan yang
terlalu tenang dan biasa-biasa aja, tapi di sisi lain kamu butuh sesuatu
yang serba pasti dan pasangan yang settled.

---> Nah! baru disini nih saya baru tau kalau rising sign saya Gemini dengan moon Scorpio. Jadi sebenarnya ada unsur Scorpio di dalam diri saya. Ini mungkin yang menjelaskan saya yang memang emosional dalam hubungan (bisa tiba2 marah-marah, nangis2 karena kangen-- saya dan pacar saya menjalin hubungan jarak jauh Bandung & Jakarta-- tapi besoknya sudah biasa lagi), dan saya juga cenderung posesif, saya bisa kesal kalau pacar saya lebih memilih futsal, atau berpikir macam2 kalau pacar saya sudah lama tidak menengok saya ke Jakarta :p saya pernah dengar orang Scorpio itu memang memberi banyak perhatian pada pasangannya, tapi juga meminta banyak. hahaha.


Moon Scorpio yang analitis dan suka nguji-nguji digabung sifat
Gemini yang sociable, bikin kamu jadi orang yang gampang paham
motivasi tiap orang. Ini bisa baik, bisa buruk. Kalo nggak pas, orang
bisa ngerasa terintimidasi, terutama kalo mereka sedang nutupin
sesuatu dari kamu.

---> Nah ini juga bener! Saya orangnya kalau sudah penasaran, saya cari tahu sampai dapat jawabannya. Seperti misalnya (saya pikir) pacar saya sedang ada masalah, padahal dia sedang merasa fine2 saja, saya tanya2 terus sambil terus berpikir kalau dia menyembunyikan sesuatu, sampai dia kesel diojok2, padahal sih memang nggak terjadi apa2. hahaha.


Luky dan Kebutuhannya
Virgo unsurnya tanah, jadi seperti apapun tampilannya, pada dasarnya
mereka praktis dan realistis. Meskipun begitu, karena Virgo ini unsur
tanah yang paling ringan, di orang-orang Virgo biasanya ada kombinasi
kepraktisan dan filosofis yang khas. Kalo dari apa yang Dea baca
berdasarkan semua unsur yang nyusun Luky - mungkin bener mungkin
salah - kayaknya Luky ini orangnya kritis dan dalem gitu, ya?

----> hahaha! betul! and maybe this is why I love/ hate him. Dia jarang menerima informasi begitu saja, dan suka memberi masukan2 yang kadang terasa jleb di hati (karena emang jago menyampaikan kritik). And yea, he's such a deep person..kadang dia terlalu banyak memikirkan hal-hal yang simpel terlalu dalam. Orangnya pertimbangan banget dan sangat berhati-hati.

Posisi moon kamu yang di Aquarius nunjukin kalo pride kamu sebetulnya cukup tinggi. Orang-orang dengan moon Aquarius biasanya ngerasa dirinya beda sama orang lain,
cukup bangga sama itu, meski nggak selalu direct nunjukin kebanggaan
itu ke publik (terutama karena matahari kamu di Virgo, Luk).
Kalo ada orang yang nge-under estimate kamu, kamu sebenernya
tersinggung banget. Tapi kamu pinter nyembunyiin rasa tersinggung
kamu itu.

----> pas baca paragraf ini, saya mengangguk2 dengan kuaaaat sekali. pacar saya itu, gengsinya cukup gedeeeee dan bahkan saya pikir agak keras kepala. tapi dia menunjukkan keras kepalanya dengan subtle (haha). Dia jarang melakukan sesuatu yang orang sudah banyak lakukan, itu yang membuat dia cukup idealis. khas orang Aquarius, kebanyakan teman2 saya yang Aquarius pasti ngotot dan agak keras kepala.

Catetan buat Diani, sebagai pasangan kamu perlu peka sama
ini. Ati-ati kalo nyampein sesuatu, terutama kritikan. Liat potensi
Luky dan support potensinya itu. Kalo dia ngelakuin sesuatu yang di
luar mainstream, sebaiknya jangan di-judge tapi coba dipahamin dulu.
Sebagai Lunar Aquarius, cara berpikir Luky mungkin sering beda sama
orang lain pada umumnya.

-----> Dan ya, kadang kita suka berantem karena saya nggak sadar sudah membuat dia tersinggung, dia cuma bereaksi dengan diam, baru sampai saya sadar sendiri kalau dia marah.....dan parahnya saya baru sadar sekitar besoknya. *tepok jidat* 

Sekalipun Virgo unsur tanah, Luky, Moon dan Venus kamu unsur
angin. Aquarius dan Libra. Seperti angin, kamu butuh ruang bebas,
nggak bisa dicengkram, tapi sebenernya kamu bertanggung jawab kok
sama kebebasan yang dipercayain ke kamu. Venus (planet yang
ngerepresentasiin percintaan) di Libra bikin kamu jadi orang yang
simpatik dan akomodatif sama pasangan kamu. Sifat simpatik ini biasanya
jadi “senjata” kamu untuk narik perhatian pasangan … hehehe

----> Mungkin pacar saya tidak seromantis pasangan2 lain yang menghujani dengan hadiah, materi, atau sering sms / bbm, tapi dia adalah pendengar yang baik. Saya sering banget mengeluh, ngomel, capek ini itu, tapi pasti dia selalu sabar dengerin semuanya. ada satu hal yang saya inget juga di awal kita pedekate, kita janjian makan sate padang di dekat rumah saya, taunya dia datang telat. saya udah mau kesal dan ilfil, tapi taunya dia telat datang karena dia lewat jalan itu dulu untuk ngecek sate padangnya sudah buka atau belum. hahaha. dan sekarang saya jadi pengen makan sate padang deh (lho??)


Yang Mungkin Bikin Kalian Saling Tertarik
Obrolan! Seperti yang tadi udah Dea bahas di awal, Gemini dan Virgo
sama-sama dikuasain planet Merkurius, planet yang ngerepresentasiin
komunikasi. Orang Gemini dan Virgo biasanya bisa ngediskusiin
segala macem tanpa bosen-bosen.
Venus Diani yang di Gemini dan Venus Luky yang di Libra juga jadi
daya tarik yang kuat di antara kalian berdua. Luky suka liat bawaan
Diani yang unik. Buat Luky, berubah-ubahnya Diani justru bikin dia
jadi nggak ngebosenin, sementara cara Luky meratiin yang simpatik
adanya bikin hal-hal positif di Diani tumbuh dengan sehat. Untuk
banyak hal, kalian punya “bahasa” yang gayung bersambut.

----> ini betul sekaliii :D Tipe pacaran kami adalah di ruang tamu rumah saya atau dia, dan mengobrol banyak hal. Dulu saya berpikir dunia kami enggak nyambung, dari selera pun juga enggak nyambung. Dulu saya berpikir dia cowok generasi 90an dengan musik2 grunge yang saya gak kepikir untuk dengerin. bahkan saya ketawa pas dia cerita pas masuk FSRD ITB pengumumannya masih di koran, sedangkan saya sudah lewat internet. Tapi dia orangnya care dengan caranya sendiri. Dia sampai detik ini malas untuk mengganti hape menjadi smartphone seperti kebanyakan orang, tapi oleh sebab itulah, tiap kami makan bareng, kami tidak sibuk dengan gadget masing-masing, dan jadi banyak ngobrol. Dan dengan hubungan jarak jauh ini, kami seringnya bertelepon ria. itu salah satu hal yang saya syukuri.


Potensi Clash
Seperti yang udah Dea bilang di awal juga, sekalipun sama-sama asik
kalo ngobrol, pendekatan kalian beda. Gemini lebih hore-hore dan
seneng main-main sama ide, sementara Virgo lebih berat-berat, critical,
dan kayaknya sih cenderung lebih konservatif. Kalo kalian emang
sering bentrok karena hal-hal kayak gini … saran aku sebisa mungkin
jangan dipermasalahin. Pahamin aja sudut pandang masing-masing
sebisa-bisanya, soalnya emang kalian bawaannya begitu.
Terus, Diani kan Lunar Scorpio, sementara Luky Lunar Aquarius.
Seperti udah dijelasin tadi, ada kalanya Diani butuh intensitas supaya
yakin Luky bener-bener sayang, sementara Luky bawaannya lebih
cuek. Lunar Aquarius itu umumnya mandiri secara emosional, maka
kadang dia ngarepin pasangannya pun bisa begitu.

----> perbedaan yang kentara tentang saya yang lebih hore-hore dan pacar saya yang konservatif biasanya ada di masalah kerjaan. kadang pacar saya jadi teman diskusi kalau saya sedang ada project, begitupun sebaliknya. pacar saya mungkin sering berpikir saya kerjanya cepet tapi kurang idealis, dan saya berpikir dia pengkritik handal tapi tidak mau dikritik. Bisa dimisalkan kalau misalnya kami menggambar, kalau gambarnya salah, saya pakai penghapus, kalau dia, ganti kertas dan mulai baru lagi. Saya juga sering berpikir kalau pacar saya orangnya cenderung cuek dan tidak romantis, padahal dia pikir itu fine-fine saja. Apalagi jarak jauh yang menyebabkan kita ketemunya jarang-jarang, ya pasti kadang ada salah paham juga :D



Yang menyenangkan dari Zodohku ini, Dea ngasih kami lagu! dan yang dikasih adalah lagu Fly Away - Peter Allen. aku langsung ketawa, aku sering denger lagu ini soalnya ini salah satu lagu kesukaan bokap, jadi sudah akrab di telinga. Tapi saya baru sadar kalau liriknya tentang pasangan yang klop each other meskipun beda ekspresi. hahahahahah Dea aaah, saya jadi maluuuu :_____)

You have reasons, I have dreams
So we're perfect, so it seems
I talk fortunes, you tell the truth
Kept me from my crazy youth


Selain bacaan zodiak, kalau pesan servis spesial, kita juga bisa dapat ilustrasi yang menggambarkan hubungan kita dengan pasangan, yang digambar oleh Rukmunal Hakim! Dari dulu saya suka banget ilustrasinya Hakim, mengingatkan saya sama karya Alphonse Mucha, tetapi dengan detail hitam putih yang lebih kuat. Oh iya, sebelumnya saya sempat diskusi sama hakim, tentang saya yang Gemini dan pacar saya yang Virgo, lalu kita ketawa2 apakah nanti ilustrasinya jangan2 adegan cewek2 sedang threesome (wahaha secara kembar dan satu cewek gitu), tapi taunya, jadinya lebih bagus dari lawakan kita..



Kata Hakim, sepintas unsur Gemini adalah yang paling kuat, karena terlihat seperti dua orang kembar yang sedang mengobrol. tetapi sebenarnya itu adalah dua orang yang berbeda. kalau kata orang, pasangan yang jodoh, lama-lama mukanya menjadi mirip, mungkin ini yang saya tangkap dari dua karakter ini. menurut bacaan Dea, hubungan saya dan pacar bukan lagi sekedar ketertarikan fisik, tetapi sudah diikat dalam komunikasi yang kuat. Tulisan2 itu melambangkan gimana hubungan kami yang terbangun, dari hal kecil tapi mungkin penting. kalau dilihat, di tubuh karakter itu, ada lagunya Peter Allen yang ditulis satu persatu, detil sekali ya :)
Nah, kalo jangkar yang menjadi background karakter (dan diduduki oleh mereka berdua), itu kata Hakim, dia teringat dulu para pelaut sering punya tato jangkar, untuk ngasih tau kalau hatinya sudah punya tambatan di kampung asalnya. Dia semacam menginterpretasi kalau kami sudah saling tertambat meskipun kami dalam hubungan long distance. huahahahahahahaha. bahasanyaaaa~

(ini asli lho, saya ketik lagi dari chat dengan Hakim sambil ketawa2 dan geleng2) 



Guess what? saya sudah baca hasil bacaan Dea sama pacar, dan dia pun juga mengakui kalau hasil bacaannya hampir akurat. Seharian kami bahas terus hasilnya, tidak bosan-bosan. Mungkin karena saya percaya zodiak, entah karena tersugesti atau bukan, tapi saya merasa akhirnya ada jawaban2 dari pertanyaan saya, kalau saya kesal kalau pacar saya sedang cuek, tetapi itu ternyata yah karena naturenya begitu. Ada alasan buat saya kenapa harus lebih sabar, dan ada alasan buat saya untuk mengurangi omel2an atau emosi2 labil. Buat saya Zodiak Gembira sesuatu yang fun, ringan, tetapi lama-lama membuat saya berpikir..hehehe.
Now I plan to order the original artwork, lalu saya berencana untuk memajangnya, kapan lagi coba ada ilustrator yang mau menggambar personal untuk saya? hihihihihi :D


terimakasih Dea, terimakasih Hakim.

buat kalian yang penasaran, bisa ubek2 twitter @zodiakgembira atau klik http://zodiakgembira.tumblr.com


selamat bergembira dengan zodiak! :D



3 comments:

Rega Ayundya Putri said...

ooooohhhh ternyata ini tentang itu, ah aku pikir ini proyekan baru kamu diani. ADUH GW OFFICIALLY TEMPTING.

prinka saraswati said...

wah bisa dicoba nih!

diani. said...

hahah ayooo semuanya coba dong! menarik lho! hihihi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...